Belajar bahasa Arab? Siapa takut!

Saya bukanlah orang yang pintar bahasa Arab, tapi saya selalu kagum dan salut melihat orang-orang yang pintar berbahasa Arab. Bagi saya mereka adalah orang-orang luar biasa, cerdas secara linguistik. Saya pun ingin sekali belajar bahasa Arab, teman-teman juga kan? Dulu saya pernah belajar Bahasa Arab dengan seorang Uni lulusan LIPIA, Jakarta. Tapi kandas di tengah jalan pasca gempa yang cukup kuat di Sumatera Barat tahun 2007 silam. Setelah itu saya mencoba mempelajari dasar-dasar belajar bahasa Arab. Tapi gak mudeng-mudeng juga.
Nah, di sebuah diskusi yang cukup lama via YM dengan seorang sepupu yang kuliah di Tanah Jawa, saya tertarik sekali dengan tawarannya untuk menyumbangkan tulisan agar diposting di blog ini. Setelah saya cek ternyata tulisan yang dikirim ke e-mail adalah kiat-kiat sederhana dalam mempelajari bahasa Al Qur’an ini. Meskipun saya belum menerapkannya, tapi saya mencoba menjadi penyambung ilmu ini. Semoga bermanfaat untuk kita.

A : “Duh, susahnya belajar bahasa Arab”. Aku sudah kursus dimana-mana, tapi belum juga bisa.
B : “Jangan bersedih teman! Simak yuk penuturan di bawah ini!

Keistimewaan Bahasa Arab:
a. Sesungguhnya Allah ta’ala telah memilih lisan Arab untuk membawa risalah yang terakhir.
Allah Ta’ala berfirman: “Sesungguhnya Allah Aa’ala menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab“. (Lihat Al Quran surat Yusuf ayat ke 2).
b. Bahasa Arab adalah bagian dari agama. Alasannya ibadah seperti doa, sholat, baca Quran dan mentadabburinya, tidak sempurna karena kejahilan (kebodohan/ketidaktahuan) terhadap bahasa Arab.
c. Menguasai bahasa Arab menghindarkan seseorang dari perbuatan bid’ah. Seperti kesesatan ahli kalam dan kelompok sesat lainnya.
d. Memahami bahasa Arab salah satu dari kemudahan. Hal ini temaktub di Al-Quran surat ad-Dhukhon ayat 58:
Sesungguhnya kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran.”
e. Lisan Arab adalah syiar Islam dan penganutnya. Kuatnya bahasa Arab adalah sebab kemuliaan Islam. Meninggalkannya berarti menempuh sebab-sebab kehinaan.

Seorang alim yang bernama Ahmad al-harrony rahimahullah ta’ala menuturkan: “Sudah dimaklumi bahwasanya belajar dan mengajarkan bahasa Arab adalah fardhu kifayah“.

Cara-cara meningkatkan kemampuan berbahasa Arab:
Diantara hal-hal yang harus diperhatikan dalam mempelajari bahasa Arab:
a. Memiliki semangat tinggi dalam mempelajari Ilmu Nahwu (ilmu tata bahasa Arab). Begitu juga ilmu shorof (ilmu yang mempelajari pecahan-pecahan kosakata bahasa Arab).
b. Menjadikan kamus sebagai sahabat sejati. Sungguh sangat ironis sekali jika seorang yang menginginkan pandai berbahasa Arab tapi malas memiliki kamus, padahal harganya relatif murah. Keuntungan yang bisa diraih dengan adanya kamus: memperkaya kosa-kata, alasannya ketika seseorang mencari kata sulit secara otomatis ia menemukan kata-kata lainnya dan masih banyak yang lainnya.
c. Sering mendengar (listening atau sima’i) percakapan bahasa Arab. Melalui radio, internet, kaset, dll.
d. Membiasakan untuk berbicara. Biarlah untuk pertama kali sering salah. Tapi lihatlah keberhasilan akan datang waktu yang sangat dekat. (Hal ini kami kemukakan, karena kami memiliki banyak teman yang mahir bicara berbahasa Arab, mereka menempuhnya dengan cara-cara tersebut). Ketahuilah permulaan anak kecil berbahasa adalah menjadi pendengar setia dan selanjutnya menirukan perkataan yang ia dengar.
e. Dan satu lagi yang tidak boleh terluput, hendaknya Anda membaca buku-buku dan artikel yang berbahasa Arab (minimalnya 1 jam dalam sehari) karena ini sangat membantu sekali.

Apa-apa yang telah kami tuturkan diatas, telah kami coba dan alhamdulillah ada hasilnya.
Akhirnya….
Semoga kami dan pembaca semua dimudahkan oleh Allah ta’ala untuk menguasai bahasa yang mulia ini. Aamin.

Saya berterimakasih sekali atas tulisan ini. Memperkuat kemauan untuk belajar Bahasa Arab lagi. Jazakallah khairan yaa Akhii.

dikirimkan pada 16 Januari 2011
diposting pada 17 Januari 2011

Advertisements

2 thoughts on “Belajar bahasa Arab? Siapa takut!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s