Akulah si Telaga

Akulah si telaga, sebuah sajak karya Sapardi djoko damono yang pernah saya temukan di sebuah buku [saya lupa buku apa]. Sajak yang menarik dan sempat saya abadikan di cover catatan kecil saya [sampai sekarang saya masih menyimpan buku kecil itu meskipun tidak pernah lagi di isi, abiz kecil banget sih. ^_^].

Tak banyak yang bisa menjadi telaga. Menjaga sesuatu yang mungkin kita tinggalkan begitu saja. Sembari kita meninggalkan sesuatu di sana, kapal yang tidak akan hilang. Gambaran indah tentang sebuah keikhlasan. Ikhlas memberikan kebahagian, ikhlas menjaga, ikhlas memberi pesona dan keindahan. Salut buat bapak Sapardi.

Akulah si Telaga
Sapardi Djoko Damono

Akulah si telaga: berlayarlah di atasnya;
berlayarlah menyibakkan riak-riak kecil yang menggerakkan bunga-bunga padma;
berlayarlah sambil memandang harumnya cahaya;
sesampai di seberang sana, tinggalkan begitu saja perahumu
Biar aku yang menjaganya

Perahu Kertas
Kumpulan Sajak
1982

Leave a Reply

