Meaningful

Seseorang bertanya pada kami, “Apakah yang membuat hati manusia berbahagia dan sudahkah kalian merasakan bahagia hari ini?”
Ehmm.. dalam hatiku yang sangat sederhana, aku menjawab, “Senyum” tapi aku takut salah menjawab (ugh! itulah kelemahanku) maka aku akan diam saja sambil menerka-nerka dalam hati.
Teman, bagi kita mungkin kebahagiaan itu sangat relatif. Ada yang sangat bahagia bila dapat sering bersama-sama dengan orang yang dicintai, mungkin juga bahagia bertemu dengan orang yang dirindukan, atau bahagia bila mendapatkan rizki yang lumayan banyak dari Allah yang dengan itu kita bisa membeli apa yang selama ini kita inginkan. Padahal rizki itu tidak hanya berbentuk uang. padahal Setiap hari kita diberikan rizki dalam berbagai bentuk, hanya saja format rizki dalam paradigma kita adalah materi.
Dan tahukah teman, ketika yang lain puas menebak dan tak seorangpun bisa menjawabnya akhirnya kami diberikan sebuah kata, “MEANINGFUL”
Oh! Mendengar kata itu saja, saya merasa tertikam. Mungkin juga teman yang lain. Sudahkah saya melakukan sesuatu hari ini? Sudahkah saya membereskan tempat tidur saudara saya pagi tadi? Sudahkah saya menyiapkan sarapan atau sekedar memanaskan air untuk minum teh favorit adik kos saya. Rasanya saya asik mencari kebahagiaan (lanjutkan dengan kata “semu”) di luar sana, kebahagian versi saya. Padahal jujur! saya sangat suka bila bermakna bagi orang lain. Tapi anehnya hanya untuk orang lain di luar sana. Untuk saudara-saudara saya, kadang enggan untuk sekedar membantu menjemur pakaian yang telah dicuci. Alasannya, saya ingin dibantu pula ketika saya minta tolong. Pamrih yang sangat tersembunyi. Astagfirullah.
Meaningful. Sebuah kata yang akhirnya menjadi kata favorit saya sejak itu. Hidup bermakna bagi orang lain yang berinteraksi dengan kita. Hidup bermakna dengan melakukan hal-hal kecil yang kita anggap sepele. Mungkin kita sering berfikir hiper tentang kata meaningful. Seolah meaningful hanyalah untuk kerja-kerja besar. Seolah ketika kita menyumbangkan uang ke panti asuhan, itulah meaningful. Ah, lagi-lagi materi. Sungguh terlalu.

Advertisements

4 thoughts on “Meaningful

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s