Perpaduan dan Pembagian

Yang satu berwajah Minang, rambut ikal lebih menuju keriting, suka tersenyum dengan tulang rahang sedikit kukuh. Setiap menatap, aku merasa menatap sosok ayah.

Yang satu lagi berwajah Sunda, rambut lurus mengkilap, suka melucu dan kata sebagian kami agak nyebelin karena gurauannya. Setiap menatap, aku seperti melihat pemuda-pemudi Sunda dengan wajah yang sedikit memanjang. Seperti sang ibu, dan saudara2 beliau.

Awalnya kami tidak terlalu peduli dengan ciri2 fisik yang mereka miliki. Tapi lama kelamaan, kami merasa ini suatu hal  yang sangat unik. seperti sebuah pembagian yang khas dari Allah terhadap perpaduan dua etnis. Sifat2nya pun seperti membagi dua sifat orangtua.

Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia dengan segala kesempurnaan bentuk dan keagungan penciptaanNya yang mencengangkan. Tak terlalu jauh kita menatap. Orang-orang dan tempat-tempat terdekat, dari segala hal meskipun kecil, dari sanalah kita membaca keMahaKuasaanNya.

Dan dari dua adik kembarku itu, kami belajar banyak hal. Banyak ilmu dan pelajaran berharga. Akan sebuah keakuran, rasa damai, dan menyejukkan. Dibalut kehausan ilmu dan kenikmatan mengarungi samudranya.

Baru sekarang kami terlalu amat merindukan mereka berdua. Mungkin layaknya ingin menikmati oase menyejukkan yang belum kami temukan di sini. Persaudaraan itu seperti menjadi demikian indahnya dengan pertemuan sedetik. Telah pula kami terdiam mendengar ucapan orang paling kharismatik di dalam hidup kami, “Kalau mereka berdua udah dewasa dan punya rasa tanggung jawab, saya tinggal nunggu aja. Mau diambil-Nya, saya ikhlas saja.”

Begitu tinggi harapan, begitu dalam keinginan. Sebagai sosok yang mungkin akan menggantikan, perlahan tumbuh rasa kekaguman dan peneladanan.

Mungkin tak banyak waktu kebersamaan itu. Semoga Allah mengumpulkan kita di waktu yang lama dan kekal. Aamiiin Yaa Rabbal ‘aalamiiin.

Advertisements

2 thoughts on “Perpaduan dan Pembagian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s