Nikmatnya belajar bahasa Arab

Sejak kecil saya sering bertanya-tanya mengapa kata yang sama dalam ayat Al Qur’an tapi harkat huruf akhirnya berbeda-beda. Kita ambil contoh gampangnya dalam surat Al Qadr. Terdapat kata Lailati sebanyak satu kali dan kata Lailatu sebanyak dua kali. Sampai tahun kemarin saya masih sering bertanya-tanya meski tidak sempat terutarakan.

Setelah sedikit banyaknya  tahu tentang dasar2 nahwu dan sharaf saya tidak perlu ternyata untuk mengutarakan pertanyaan ini. Nikmatnya belajar bahasa Arab membuat kita serig takjub dengan apa2 yang kita temukan di tamannya. Meski masih sangat sedikit, tapi saya merasa jadi orang beruntung belajar langsung dari guru terbaik kami. Saya bermimpi besar bisa menguasai Bahasa Arab lengkap dengan ilmu bayan, ma’ani, balaghah dan lain lainnya secara menyeluruh. Entah itu sepuluh atau dua puluh tahun lagi.  Yang jelas suatu hari saya harus bisa berbicara dalam bahasa Arab dan tidak buta dengan makna bacaan Qur’an saya. sebuah ceramah yang kemarin saya dengar, bagi seorang Muslim belajar bahasa Arab itu paling mudah karena itu bahasa yang selalu kita dengar dan kita lafazkan setiap hari. Minimal dalam shalat.  Yang lebih ekstrim namun sangat benar adalah statemen tentang wajib atau tidaknya seseorang belajat bahasa arab. Kata ustadz tersebut, jika kita adalah seorang guru atau ustadz, wajib bagi kita mempelajari bahasa arab.  Saya jadi teringat kisah Buya Hamka ketika masih di berada di Padang beliau memberi ceramah tapi banyak yang kontra dan beliau sering malu karena bahasa arabnya sangat kacau dan tata bahasanya sama sekali tidak mengikuti nahwu sharaf. Beliau akhirnya belajar bahasa arab langsung di Mekkah. Bagaimana dengan kita? Apa yang sudah kita korbankan untuk menuntut ilmu syar’i. Diri kita sendiri yang bisa menjawab nya.

semangat menuntut ilmu!

Leave a Reply

